Deklarasi Gerakan Anti Korupsi – Alumni Lintas Perguruan Tinggi

1

Selasa, 29 September, 2015 di Aula ISTH, Gedung Pasca Sarjana Universitas Indonesia, Alumni Lintas Perguruan Tinggi yang dimotori oleh Alumni UI, ITB, IPB dan UGM mendeklarasikan Gerakan Anti Korupsi (GAK) – Alumni Lintas Perguruan Tinggi.

2

GAK adalah sebuah gerakan moral berbasis intelektual oleh masyarakat madani non-partai yang didukung alumni berbagai perguruan tinggi. GAK bersama masyarakat mendukung dan mengawal Polri, Kejaksaan dan KPK sebagai Trisula penganggulangan korupsi, serta bekerja sama dengan Koalisi Masyarakat Sipil Anti Korupsi, dan organisasi maupun perorangan yang mempunyai visi yang sama.

3

Program GAK diantaranya :
Turut mengawal penuntasan laporan masyarakat atas dugaan terjadinya tindak pidana korupsi,
Mendorong peningkatan kegiatan jurnalistik investigasi, serta transparansi di semua aspek bidang keuangan termasuk pembiayaan partai politik.
Mendorong berbagai keigatan pendidikan dan pelatihan terkait kesadaran anti korupsi di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi.
Melakukan sosialisasi serta mendorong kesadaran serta partisipasi seluruh masyarakat tentang pentingnya pencegahan dan pemberantasan korupsi sejak dini dimulai dari keluarga masing-masing.
Mendorong kampanye peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance); serta senantiasa mendorong komitmen para penyelenggara negara dan terutama para pemimpin negara dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi.

4