Diskusi Upaya Memperluas Jangkauan Pelatihan STEAM untuk Guru SMP

steam

Semenjak tahun 2013, G83 – beranggotakan alumni ITB angkatan 1983 –  telah memulai inisiatif untuk memberikan pelatihan STEAM kepada para guru SMP. STEAM merupakan pola pikir holistik yang membahas persoalan dan kesempatan dari berbagai disiplin ilmu: Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics.

Pelatihan ini telah meliputi berbagai SMP di Jabodetabek dan Bojonegoro yang meliputi lebih dari 200 guru. Selain itu, G83 secara rutin juga melakukan peringatan hari Pendidikan Nasional di tahun 2014 dan 2015 untuk melaporkan hasil dari kegiatan tersebut dan mengajak semua pihak yang peduli dengan pendidikan di Indonesia pada umumnya, untuk mengambil bagian dari inisiatif ini.

Agar kegiatan ini berlangsung dengan lebih efektif lagi, dan agar jangkauannya bisa lebih besar lagi, diperlukan bantuan dari para anggota IA-ITB untuk meluangkan waktu berharganya sebagai narasumber, fasilitator, atau bahkan sekadar memberikan masukkan demi tercapainya tujuan mulia ini. Untuk itulah pada hari Kamis 12 November 2015, di Rumah Alumni ITB di Jl. Hang Lekiu II no 40, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Premana W Perwadi Ph.D. (AS83) dan Ivandeva Wing M.B.A (TF83) berbagi pengalaman tentang pelatihan Science Technology Engineering Arts & Mathematics (STEAM) yang telah dilakukan, serta rencana kedepan.

foto-steam

Pada sesi tersebut dibahas bahwa pendidikan hendaknya menghasilkan kompetensi yang dalam, dengan wawasan inter-relasi yang luas :

  • Independen : Memiliki kemampuan adaptasi dan pengembangan diri
  • Profesional : Bekerja dengan kompetensi dan etos tinggi, bertanggung jawab
  • Percaya diri : dapat berkompetensi dengan sehat

Pendidikan juga hendaknya menumbuhkan attitude sebagai warga berwelas-asih :

  • Perseptif dan mau mengambil peran untuk perbaikan diri maupun lingkungan
  • Inklusif : menghormati dan merangkul keberagaman

Program ini ditargetkan ke guru sekolah menengah karena siswa sekolah menengah mempunyai karakter curious, tetapi substansi pembelajaran SMP sedikit nginspirasi, artinya kurang dirasakan kebermanfaatan langsung, sehingga menurunkan motivasi. Karenanya diperlukan substansi yang menantang dan memberikan acknowledgement segera. Problem-based learning diharapkan menjawab tantangan ini.

Pelatihan bagi para Guru SMP ini selain membahas STEAM, juga meningkatkan kualitas guru didalam mengajar melalui programMindfulness dan #Showtime. Mindfulness artinya para guru perlu hadir penuh, sadar utuh selama mengajar dengan rasa keberserahan, kebersyukuran dan kewelas-asihan. Showtime, artinya didalam mengajar para guru perlu berekpresi otentik dan relevan.

Ajakan untuk mengambil bagian di dalam memperluas jangkauan pelatiah STEAM bagi para guru SMP ini disambut baik oleh para peserta diskusi. Semoga program ini sukses mencapai tujuannya.

Scroll To Top