Panitia Pemilu telah bergerak maraton dan mengadakan meeting koordinasi setiap Kamis malam, dan tanpa terasa sudah 8 minggu perjalanan kepanitiaan Pemilu. Belum lagi meeting-meeting khusus dengan materi khusus mengenai system dan juga update kepada steering Committee.

Sejauh ini, ada beberapa hal yang perlu saya garis bawahi perkembangannya:

  1. Sesuai amanah AD-ART, pemilu akan dilaksanakan 1 man 1 vote secara langsung, dan jika pemilih berhalangan hadir, maka panitia menyediakan fasilitas i-vote (internet voting)
  2. Telah ditetapkan persyaratan calon Ketua Umum IA ITB 2016-2020 yang pada prinsipnya tidak jauh berbeda dengan persyaratan pemilu Ketua Umum IA ITB empat tahun lalu, pemilu 2011.
  3. Sampai hari ini, telah mengambil formulir 5 alumni, namun demikian belum ada satu pun yang telah mengembalikan. Yuk, mari kita dorong makin banyak alumni yang mencalonkan diri !
  4. Batas akhir pengambilan formulir adalah hari Jumat, 4 Desember 2015 pukul 21.00 dan Batas akhir pendaftaran atau penyerahan formulir adalah Selasa, 8 Desember 2015 pukul 17.00. Pada saat penyerahan formulir, kandidat bisa hadir atau bisa diwakilkan oleh ketua timsesnya. Verifikasi dokumen syarat pencalonan akan dilakukan Selasa dan Rabu, 8 dan 9 Desember 2015 dan Penetapan kandidat akan dilakukan pada hari Kamis, 10 Desember 2015 pukul 13.00. Petangnya, yaitu Kamis, 10 Desember 2015 pukul 20.00, akan dilakukan pengundian nomor urut kandidat dan penandatanganan Pakta Integritas. Pada momen ini, kandidat harus hadir dan tidak bisa diwakilkan. Masa kampanye dilakukan mulai hari Jumat, 11 Desember 2015

pemilu1

  1. Telah dilakukan koordinasi dan pembentukan panitia Pemilu Daerah – komisariat Luar Negeri – Komisariat Perusahaan dan sampai hari ini telah konfirmasi 32 Pengda-komisariat luarnegeri dan komisariat perusahaan yang telah siap mensukseskan Kongres Nasional IA ITB 2016. Langlah berikutnya akan dilakukan sosialisasi syarat TPS, peralatan yang harus tersedia, dan system pemilunya.
  2. Sedang dibangun sistem pendaftaran DPT melalui website, baik pemilih yang akan melakukan langsung atau berhalangan dan menggunakan fasilitas i-vote, tetap menggunakan website untuk pendaftaran DPT. Website diperkirakan akan siap tengah Desember 2015.
  3. Saat ini panitia sedang menjaring kota mana kira-kira yang akan menyelenggarakan program hearing program antar kandidat, jika Pengda anda siap, silakan menghubungi panitia.
  4. Syarat pemilih adalah sesuai Anggaran Dasar pasal 8 (silakan dilihat dalam poster di bawah ini) dan Anggaran Rumah Tangga pasal 17 ayah 3. (pemilih harus mendaftar)
  5. Dari minggu lalu telah disosialisasikan bagaimana garis besar proses pendaftaran di DPT. Sumber database : PP IA ITB, Pengda, Komisariat, IA Prodi, dan ITB-Rektorat. Jika ingin mendaftar dengan mudah, segera update email terbaru anda yang aktif ke ketua Pengda, ketua IA prodi, atau Ketua Komisariat. Panitia harapkan pada tanggal 10 Desember database panitia akan makin valid dan lengkap. Jika tidak, silakan menggunakan fasilitas pendaftaran secara manual melalui website, dengan verifikator scan KTP atau mengisi nomor KTP dan mengisi beberapa kolom lainnya dalam website.

pemilu2

Mari kita sukseskan Kongres Nasional ke IX IA ITB dan Pemilu dengan cara berpartisipasi aktif dalam proses pemilu, menjaga suasana keguyuban dan kekeluargaan, dan melahirkan bersama pemimpin IA ITB yang kredibel, yang mampu membawa IA ITB berkiprah dalam kemajuan dan kesejahteraan Bangsa.

Untuk Tuhan, Bangsa, dan Almamater.
BY Didik Fotunadi, GL 93 – Ketua Pemilu.