12920480_10206364777543143_1397339646113591398_n

Rabu, 30 Maret 2016

Aula Barat, ITB

Ketua Umum IA ITB memaparkan bahwa IA ITB memiliki lebih dari 100.000 anggota yang tersebar di 27 kepengurusan daerah dan 19 komunitas kegiatan sosial. IA ITB memiliki dua program utama dalam pergerakannya saat ini, yaitu industrialisasi Indonesia dan mendorong para alumni ITB untuk berkembang di luar negeri. Oleh karena itu, IA ITB saat ini tengah mengembangkan suatu platform yang dapat saling menghubungkan dan berbagi inovasi dan ide-ide secara online yang dikenal sebagai Ganesha MarketPlace.

Puncak perkembangan industrialisasi di Indonesia berada di tahun 1995, namun sejak IMF menghentikan kerjasamanya dengan Indonesia, era industrialisasi semakin merosot. Sementara, para pencari kerja jumlahnya kian bertambah seiring bertambahnya waktu. Indonesia merupakan negara konsumtif terbesar kedua di dunia dan termasuk dalam 16 besar negara dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat di dunia. Pertumbuhan penduduk Indonesia yang terpusat di Pulau Jawa menyebabkan perkembangan di bidang industri masih terpusat di Pulau Jawa. Padahal tenaga profesional di bidang teknis masih sangat dibutuhkan di daerah lain di Indonesia.

Industri minyak dan gas bumi sedang mengalami masa-masa terberatnya, sehingga Indonesia harus mencari alternatif lain untuk menggantikan sumber daya alam lain pengganti sumber daya migas agar roda perputaran industri dapat terus berlangsung. Indonesia memiliki marine biodiversity terbesar di dunia yang dapat dimanfaatkan sebagai roda penggerak industri utama selain industri migas.

Sementara itu, Presiden ikatan alumni MIT atau MIT AA, menyampaikan bahwa ikatan alumni merupakan suatu wadah untuk berkolaborasi antar para alumni lintas jurusan. MIT AA memiliki misi “to further the well-being of the institute and its graduates by increasing the interest of members in the school and in each other”. Sehingga MIT AA selalu melakukan pengembangan sistem agar alumninya semakin mudah untuk saling berkomunikasi. Bahkan saat ini sudah dikembangkan aplikasi androidnya. Antara lain, digital/mobile-enhanced event support (Guidebook edu app) untuk kegiatan reuni, konferensi kepemimpinan alumni, dan family weekend; enhanced peer-peer connectivity (MIT Alumni Quad dan Switchboard app).

MIT AA sedang gencar membangun image positif agar alumninya lebih percaya diri untuk berkarya dibidang entrepreneur. Setiap orang dapat disukses dibidang ini asalkan bersedia berjuang dibidang tersebut. Akan lebih mudah membangun bisnis baik dalam skala kecil atau besar di negara berkembang seperti Indonesia.