Aksi Kemanusiaan IA-ITB untuk Korban Terdampak Gempa Kabupaten Cianjur

Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) menggelar aksi kemanusiaan dengan menyalurkan sejumlah bantuan kepada korban terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Mereka juga membentuk satgas reaksi cepat untuk mendistribusikan bantuan di posko yang terletak di Wisma Sinar Kasih yang menjadi salah satu yang terdekat dari titik lokasi gempa yang meliputin Kecamatan Pacet, Cugenang dan Cipanas.

Bantuan yang diberikan sendiri berupa kebutuhan pokok seperti tenda darurat, makanan instan, kebutuhan bayi, obat-obatan serta perlengkapan tidur. Ketua Umum IA-ITB, Gembong Primadjaya menegaskan aksi kemanusiaan ini telah menghimpun donasi dari para alumni senilai Rp 204 juta sekaligus juga dalam bentuk barang-barang kebutuhan pokok bagi warga terdampak gempa.

โ€œSampai hari ini sudah terkumpul 204 juta rupiah ditambah donasi dalam bentuk barang-barang kebutuhan-kebutuhan yang bisa disumbangkan kepada masyarakat di sini. Mudah-mudahan dukungan bisa terus bertambah,โ€ ujar Gembong dalam keterangan resmi yang diterima.

Gembong menegaskan, ke depan pihaknya berharap dapat berkoordinasi dengan pimpinan daerah Cianjur maupun tokoh-tokoh masyarakat setempat termasuk juga pimpinan daerah Jawa Barat untuk menanggulangi masalah-masalah pascagempa secara bersama-sama.

โ€œTermasuk masalah trauma healing kemudian juga bagaimana mengembalikan kehidupan masyarakat seperti sebelumnya dengan mengembalikan tempat tinggal mereka lagi. Kami akan bentuk tim lagi untuk mengusulkan konstruksi bangunan yang direkomendasikan untuk di bangung lagi di daerah-daerah yang sekarang ini terdampak gempa,โ€ katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua IA-ITB yang juga Ketua Satgas Peduli Gempa Cianjur, Denda Alamsyah mengatakan, saat ini bantuan yang telah masuk akan difokuskan yang belum wilayah terdampak yang belum tersentuh seperti di Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet yang saat ini ada seribu yang mengungsi akibat rumah hancur akibat gempa.

โ€œKami suplai makanan instan, makanan bayi, obat-obatan. Kebutuhan yang lain itu terpal tenda untuk berlindung kemudian selimut, banyak sekali bayi yang kasihan kedinginan dengan tenda yang pinggirnya itu nggak tertutup apalagi di sini daerah dingin.ย Insya Allah donasi ini kita akan pergunakan, akan kita manfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan atau kebutuhan warga terdampak,โ€ pungkasnya


Sumber: https://www.jawapos.com/jpg-today/23/11/2022/ikatan-alumni-itb-salurkan-donasi-untuk-korban-gempa-cianjur/

About farizagung86

Lihat juga

Kaldera Toba Marathon Sukses Berat

TOBA – Untuk pertama kalinya di Kabupaten Toba digelar Kaldera Marathon Festival Tahun 2022 dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *